PT.Varuna Tirta Prakasya (Persero) merupakan gabungan empat perusahaan warisan Belanda yang bergerak di bidang per-Veem-an yaitu N.V.Het Batavia Veem, N.V.Indische Veem, N.V.Java Veem dan Verenigde Prouwenveren, yang selanjutnya diberi nama Fa. Veem Combinatie Tandjoeng Priok. Peristiwa penggabungan tersebut terjadi pada tanggal 7 Mei 1947. Pada periode antara 1954-1977, Fa. Veem Combinatie Tandjoeng Priok telah beberapa kali berubah nama dan bentuk badan hukum yang disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah serta Keputusan Presiden, terakhir perusahaan ini bernama P.N. VTP (Varuna Tirta Prakasya).

Berdasarkan Akte Notaris Imas Fatimah SH No. 6 tanggal 7 Januari 1977, P.N. VTP dirubah lagi bentuk badan hukumnya menjadi “Persero” yaitu P.T. Varuna Tirta Prakasya (Persero). Perubahan ini terjadi karena digabungkannya kegiatan sejenis yaitu veem yang berada dibawah perusahaan pelayaran PT.Jakarta Lloyd, PT.Pelni, Tunda Bara dan IPPA. Alasan utama penggabungan adalah untuk efisiensi bagi perusahaan pelayaran di atas, disamping Veem bukan merupakan bisnis intinya, tetapi adalah bisnis inti P.T. VTP (Persero) yang menangani pergudangan, angkutan darat, pengurusan dokumen, bongkar-muat, dan lain-lain.

PT. Varuna Tirta Prakasya (Persero) berperan aktif sebagai perusahaan jasa pengiriman barang yang melayani dan menghantar barang keseluruh pelosok wilayah Indonesia dengan memiliki jaringan infrastruktur hampir di seluruh Republik Indonesia. Perusahaan berpusat di jakarta. Tahun 2017 PT. VTP (Persero) memiliki 12 Kantor Cabang dan 3 Kantor Perwakilan, dengan jumlah karyawan sebanyak 130 orang. PT. VTP (Persero) memiliki alat produksi utama yang masih produktif sebanyak 9 unit gudang dengan luas total 5.287 m2, 37 unit truk, 2 unit trailer, dan 12 unit forklift yang tersebar dibeberapa Cabang.

Untuk menambah jaringan di luar negeri maka di tahun 2017 perusahaan hingga sekarang telah menjalin kerjasama dengan perusahaan logistic luar negeri antara lain: Deugro, Jepang dan Trans Global Logistics,Singapore.

Perjalanan panjangnya selama 74 tahun dan kemampuan perusahaan dalam memberikan kontribusi yang positif kepada pemangku kepentingan telah membuktikan bahwa VTP masih tetap eksis dan dinilai perusahaan baik dimata relasi. VTP dipandang masih memiliki dan menyimpan potensi yang luar biasa bagi perkembangan dan pertumbuhan usahanya. VTP diharapkan mampu berkembang menjadi perusahaan yang unggul dan tumbuh secara berkelanjutan di semua aspek usahanya.

Sesuai dengan Anggararan Dasar Perusahaan tahun 2010, tujuan Perseroan adalah melakukan usaha dibidang penyelenggaraan usaha jasa logistik baik nasional mapun internasional serta optimalisasi pemanfaatan sumber daya yang dimiliki Perseroan untuk menghasilkan barang dan/atau jasa yang bermutu tinggi dan berdaya saing kuat untuk mendapatkan/mengejar keuntungan guna meningkatkan nilai Perseroan dengan menerapkan prinsip-prinsip Perseroan Terbatas